Member Center
Home . APA ITU USB OTG DAN APA FUNGSINYA

APA ITU USB OTG DAN APA FUNGSINYA

Tanggal Rilis:2014-11-04 16:00

 

Mungkin beberapa dari kita akan terkesan asing dengan istilah USB OTG, apakah USB OTG itu? Apakah kegunaan dari USB OTG itu?

USB On-The-Go, sering disingkat USB OTG, adalah suatu spesifikasi yang memungkinkan perangkat yang memiliki port USB seperti pemutar audio digital atau ponsel untuk bertindak sebagai HOST, yang memungkinkan perangkat USB lainnya seperti USB flashdrive, mouse, atau keyboard dapat terpasang kepada mereka. Tidak seperti sistem USB konvensional, USB OTG dapat bertindak sebagai perangkat USB normal ketika terpasang ke host lain. Hal ini dapat digunakan untuk memungkinkan ponsel untuk bertindak host untuk flashdrive dan membaca isinya, men-download musik misalnya, tapi kemudian bertindak sebagai flash drive ketika terhubung ke komputer host dan memungkinkan host untuk membacakan isi baru.

USB OTG model flash disk makin banyak dijumpai di pasar. Kendati mungil, perangkat ini sangat bermanfaat bagi pemilik

smartphone dan tablet Android. Dua kepala – microUSB dan full USB – yang dibenamkan dalam satu badan itulah yang membedakan USB OTG dengan flash disk biasa. Sebab ia bisa jadi adapter untuk perangkat Android maupun media penyimpan file.

Berkat dwi fungsi itulah, pemilik smartphone dan tablet makin mudah dan cepat memindahkan file berukuran besar maupun dalam jumlah banyak dari gadgetnya ke komputer dan sebaliknya. Tak perlu aktifkan Bluetooth atau repot pakai Wi-Fi. Tak perlu cari kabel data. Tak usah pula siapkan USB flash disk, apalagi kabel data. Modalnya cukup satu perangkat mungil USB OTG.

Colokkan kepala microUSB-nya ke port microUSB di gadget (smartphone/tablet). Maka biasanya otomatis perangkat USB OTG akan langsung dikenali. Untuk transfer file, kamu bisa pakai ES File Explorer (unduh dulu jika belum terpasang di gadget-mu). Atau bisa juga via File Explorer. Pilih file apa saja yang akan dipindahkan, pilih Copy, lalu beralihlah ke USBOTG sebagai tempat penampung file-file tersebut. Berikutnya, pilih Paste. Nah, seketika itu file-file akan ditransfer ke USBOTG.

Nah file-file itu sekarang sudah bercokol di memori internal USBOTG. Untuk memindahkannya ke komputer (baca: hard disk), cabut USBOTG dari port microUSB gadgetmu. Jangan lupa pilih Unmount USB storage agar perangkat tidak rusak.

Langkah berikutnya, keluarkan port USB dari perangkat USBOTG, lalu tancapkan ke port USB komputermu. Windows akan langsung mengenali perangkat ini. Kamu tinggal copy-paste deh file-file tadi. Simpel dan cepat bukan?

Kamu mau USB OTG?

- Flasdisk Bisa
- Anti Air
- Untuk Gadget
- Untuk PC/NoteBook
- Anti Goncangan
- Bergaransi Resmi 1 Tahun
- Hanya  Rp.99,000

Mau? Klik --> USB OTG

Article List